Kamis, 8 Desember 2011
Pengenalan Brand/Merk.
1. Merk adalah nama, istilah,tanda,symbol atau rancangan,atau kombinasi hal-hal tersebut,yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang/jasa untuk membedakan dari produk pesaing.
2. 6 pengertian Brand/Merk serta penjelasnnya:
1. Atribut : dalam brand harus meningkatkan pada atribut apa yang membuat brand tersebut bisa di kenal.
2. Manfaat : pelanggan tidak membeli atribut tapi manfaat diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional /emosional.
3. Nilai : dalam brand harus mempunyai nilai yang menyatakan sebuah produk kepada produsen.
4. Budaya : brand juga mewakili budaya setempat saat kita memperkenalkan brand tersebut.
5. Kepribadian : brand juga mencerminkan kepribadian tertentu dari sebuah produk tersebut.
6. Pemakai : brand juga menunjukkan konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut.
3. 5 strategi kuat dalam membangun brang/merk serta penjelasannya:
1. Temukan target anda : tidak semua pelanggan cocok dengan kriteria anda. Temukan segera pelanggan yang sesuai dengan tujuan anda.
2. Kenali pesaing anda yang sebenarnya : tidak perduli dengan siapa anda bersaing pastikan anda menentukan pembeli akan membeli dari anda karena produk anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
3. Temukan point perbedaan anda : hanya sebuah dongeng belaka yang bercerita tentang marketing yang hebat adalah ketika merk anda menjadi unik.
4. Ciptakan rencana merk pribadi anda dalam pemasaran : bawa merk pribadi anda dalam hidup denagna cara bagaimana mengkomunikasikan secara verbal,dalam tulisan dan gambar umumnya.
5. Tuliskan peryataan merk pribadi anda :strategi ini akan menarik bersama-sama yang merupakan akibat 3 langkah berikut.tulislah satu paragaraf dari tiga peryataan ini. 1) gambahkanlah target pelanggan anda dan apa yang mereka inginkan.2) pertandingan anda yang sebenarnya merupakan figur referensi dan, 3) point anda adalah berbeda. Pernyataan ini akan menjadi identitas merk pribadi anda.
4. 8 pertanyaan penting dalam membentuk nama merk yang berkualitas menurut “kaye marks”.
1. Bentuk bisnis seperti apakah yang anda miliki sekarang? Apakah anda punya tempat di benak masyarakat?
2. Seperti apakah produk dan pelayanan anda ?
3. Berapa lama anda sudah beroperasi untuk menghasilkan produk ini?
4. Apakah anda mempunyai pesaing ? jika ya siapakah mereka?
5. Siapa target anda?
6. Bagaimana target klien melihat anda ? seperti apakh bisnis yang anda lakukan saat ini?
7. Apakah tujuan dan cita-cita produk anda ?
8. Apakag anda selalu intensif bergabung dalam kelompok target market anda ?
5. Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan :
· Tentukan target pelanggan yang berarti mengetahui demografisnya.
· Tentukan aspek-aspek unggulan dari bisnis yang hendak disampaikan pada citra perusahaan.
· Salah satu tips shortcut untuk memudahkan pengembangan brang image ini juga dapat dengan mengamati brand dari pesaing.
· Merk tidak selalu harus rumit dan canggih.
· Bila anda tidak mengusai design grafis,dapat meminta bantuan rekan atau design.
· Bila sekian waktu,terjadi beberapa perubahan dalam usaha,misalnya: perusahan produk utama ataupun skala usaha,bukan tidak memungkinkan merk dapat di ubah atau dirancang ulang demi menyesuaikan dengan perubahan yang telah terjadi.
OK BANGET..MATERINYA
BalasHapus