contoh media periklanan seperti : tv, radio , koran , majalah , direct email , reklame luar ruang.
- BTL (media link bawah) hanya diwilayah tertentu
- ATL (media link atas) dari sabang sampai merauke jangkauannya
definisi periklanan, menurut:
- AMA (American Marketing Association) , bentuk presentasi yang dibayar dari non personal dan promosi gagasan , barang-barang dan jasa dari sponsor yang jelas.
- Indonesian association of advertising agencies: segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media ,dibiayai oleh pemarkasa yang dikenal serta ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Definisi Pemasaran, menurut:
- AMA : proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi penentuan harga ,promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu (konsumen) dantujuan organisasi.
- Philip Kothler : suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
- H. Nitsrom : pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke konsumen
3 unsur pendukung konsep pemasaran :
- pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen . contoh ; fasilitas mobile banking
- mengupayakan koordinasi pemasaran di seluruh organisasi (unsur penelitian dan pengembangan ,keuangan ,manufaktur)
- pencapaian tujuan jangka panjang , mempertahankan unsur produk. contoh: cocacola selalu mempertahankan image dibenak konsumen sebagai produk minuman cocacola nomor 1 didunia
Definisi Marketing mix , menurut :
- William.J.Stanton : menjelaskan empat kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi
- Philip Kothler : kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang mempunyai inti dari sisitem pemasaran yaitu produk , struktur harga , sistem distribusi dan kegiatan promosi keempat unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut paling berhubungan dan saling mempengaruhi .
Dalam marketing mix terdapat 4P , yaitu :
Product : ditawarkan pada dasar untuk dikonsumsi oleh konsumen perencanaan , pengembangan , pengelolahan produk termasuk didalamnya untuk mengembangkan pemasaran hidup produk tersebut.
- perencanaan : suatu produk harus dilakukan . diantaranya bagaimana dan seperti apa produk yang akan ditampilkan , ukuran , dan warna.
- pengembangan : yang menentukan merek yang sesuai dengan citra produk tersebut.
- pengolahan : suatu produk berupa penggunaan dan pengerjaan barang yang menggunakan kualitas sesuia dengan permintaan pasar.
- harga produk sudah harus mencakup biaya produksi , distribusi , promosi , dan laba perusahaan .
- harga dapat mendukung citra sebuah produk untuk merebut harti para konsumen
Beberapa unsur yang harus diperhatikan :
- saluran distribusi
- jangkauan distribusi
- penyediaan barang
- lokasi dan transportasi
Promotion (promosi, communication and marketing) : salah satu variabel yang penting dalam pemasaran yang merupakan satu proses berlanjut . promosi membantu pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran dan konsumen
Definisi Promosi menurut Philip kothler : informasi atau persuasi 1 arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran .
Untuk melaksankan promosi ,biasanya dapat dilakukan melalui empat kegiatan atau komponen promisi , yaitu :
- advertising (periklanan) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide barang maupun jasa yang dibayar oleh sponsor untuk memberikan informasi kepada masyarakat .
- personal selling (penjualan pribadi) : bentuk presentasi lisan dalam 1percakapan dengan calon pembeli untuk mempengaruhi sikap konsumen agar terjadi kegiatan penjualan .
- publicity (publikasi) : bentuk pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk atau jasa maupun ide dengan menggunakan berita komersial di media massa.
- sales promotion : periklanan dan publikasi yang digunakan untuk mendorong pembelian oleh konsumen maupun untuk mengefektifkan kegiatan para pengecer berupa peragaan demontrasi pertunjukan dll .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar