Sabtu, 24 September 2011

16 september 2011

definisi periklanan : komunikasi komersial dan non personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal .

contoh media periklanan seperti : tv, radio , koran , majalah , direct email , reklame luar ruang.
  • BTL (media link bawah) hanya diwilayah tertentu
  • ATL (media link atas) dari sabang sampai merauke jangkauannya
periklanan merupakan bagian kecil dari ilmu pemasaran

definisi periklanan, menurut:
  • AMA (American Marketing Association) , bentuk presentasi yang dibayar dari non personal dan promosi gagasan , barang-barang dan jasa dari sponsor yang jelas.
  • Indonesian association of advertising agencies: segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media ,dibiayai oleh pemarkasa yang dikenal serta ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Definisi Pemasaran, menurut:
  • AMA : proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi penentuan harga ,promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu (konsumen) dantujuan organisasi.
  • Philip Kothler : suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
  • H. Nitsrom : pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke konsumen
Hubungan antara pemasaran dengan periklanan : pemasaran bukan hanya menjual produk tetapi membujuk konsumen untuk memilih satu produk ketimbang produk lainnya .

3 unsur pendukung konsep pemasaran :
  • pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen . contoh ; fasilitas mobile banking
  • mengupayakan koordinasi pemasaran di seluruh organisasi (unsur penelitian dan pengembangan ,keuangan ,manufaktur)
  • pencapaian tujuan jangka panjang , mempertahankan unsur produk. contoh: cocacola selalu mempertahankan image dibenak konsumen sebagai produk minuman cocacola nomor 1 didunia
Bauran pemasaran (marketing mix) , kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran , variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahan untuk mepengaruhi yanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.

Definisi Marketing mix , menurut :
  • William.J.Stanton : menjelaskan empat kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi
  • Philip Kothler : kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang mempunyai inti dari sisitem pemasaran yaitu produk , struktur harga , sistem distribusi dan kegiatan promosi keempat unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut paling berhubungan dan saling mempengaruhi .

Dalam marketing mix terdapat 4P , yaitu :

Product : ditawarkan pada dasar untuk dikonsumsi oleh konsumen perencanaan , pengembangan , pengelolahan produk termasuk didalamnya untuk mengembangkan pemasaran hidup produk tersebut.
  • perencanaan : suatu produk harus dilakukan . diantaranya bagaimana dan seperti apa produk yang akan ditampilkan , ukuran , dan warna.
  • pengembangan : yang menentukan merek yang sesuai dengan citra produk tersebut.
  • pengolahan : suatu produk berupa penggunaan dan pengerjaan barang yang menggunakan kualitas sesuia dengan permintaan pasar.
Price : harga menduduki tempat yang penting karena akan menentukan penerimaan perusahaan
  • harga produk sudah harus mencakup biaya produksi , distribusi , promosi , dan laba perusahaan .
  • harga dapat mendukung citra sebuah produk untuk merebut harti para konsumen
Place : merupakan upaya agar produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat sesuia dengan kebutuhan konsumen dengan biaya.
Beberapa unsur yang harus diperhatikan :
  • saluran distribusi
  • jangkauan distribusi
  • penyediaan barang
  • lokasi dan transportasi
banyak produsen tidak menjual produknya ke konsumen , mereka menggunakan perantara alasannya: banyak produsen kekurangan sumber daya finasial untuk menjalankan pemasaran langsung.

Promotion (promosi, communication and marketing) : salah satu variabel yang penting dalam pemasaran yang merupakan satu proses berlanjut . promosi membantu pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran dan konsumen

Definisi Promosi menurut Philip kothler : informasi atau persuasi 1 arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran .

Untuk melaksankan promosi ,biasanya dapat dilakukan melalui empat kegiatan atau komponen promisi , yaitu :
  • advertising (periklanan) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide barang maupun jasa yang dibayar oleh sponsor untuk memberikan informasi kepada masyarakat .
  • personal selling (penjualan pribadi) : bentuk presentasi lisan dalam 1percakapan dengan calon pembeli untuk mempengaruhi sikap konsumen agar terjadi kegiatan penjualan .
  • publicity (publikasi) : bentuk pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk atau jasa maupun ide dengan menggunakan berita komersial di media massa.
  • sales promotion : periklanan dan publikasi yang digunakan untuk mendorong pembelian oleh konsumen maupun untuk mengefektifkan kegiatan para pengecer berupa peragaan demontrasi pertunjukan dll .
public relation : menyampaikan kepada khalayak ramai tentang perkembangan perusahaan power , kekuatan dr perusahaan tersebut , seberapa kuar perusahaan tersebut dapat bertahan di dunia industri power membantu perusahaan menjadi lebuh baik (punya modal yang kuat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar